Sinergi IPC Dan GPEI Kembangkan Ekspor Provinsi Bengkulu

Portdelta.co.id,Jakarta – Provinsi Bengkulu memiliki potensi sumber daya dan hinterland yang sangat besar untuk dikembangkan sebagai produk unggulan ekspor.

Komoditi yang utama adalah Bahan galian (batubara, pasir besi, batu alterasi & energy terbarukan), perkebunan (kelapa sawit, teh, kopi) dan hasil laut.

Hal yang membanggakan berdasarkan data BPS ditengah menurunnya kondisi perekonomian global akibat Covid 19, Ekspor melalui Pelabuhan Pulau Baai Bengkulu berhasil mencatat nilai ekspor FOB dlm US$ tertinggi periode Januari s/d September 2020, mencapai 47,67% dari total ekspor Indonesia.

Ini menunjukkan bahwa peran IPC Cabang Bengkulu sebagai BUP dan Perusahaan Ekspor sangat mendukung pertumbuhan ekonomi Bengkulu.

Hal tersebut disampaikan oleh Erwin Noviansyah Pengurus Gabungan Perusahaan Ekspor Indonesia (GPEI) pada saat menemui Dirut IPC, Arif Suhartono di Kantor Pusat IPC.(Jumat,4-12-2020).

Arif menyampaikan bahwa IPC senantiasa melakukan perbaikan dan peningkatan pelayanan baik dari sarana, prasarana maupun peralatan dan juga saat ini alur Pelabuhan Bengkulu sedang dilakukan pengerukan untuk mendukung kelancaran pelayanan arus kapal dan barang.”ungkapnya.

Menurut dia, yang pada akhirnya dapat mendorong pertumbuhan dan perkembangan perekonomian Provinsi Bengkulu pada khususnya dan perekonomian nasional pada umumnya baik untuk ekspor maupun domestik.”pungkas Arif Suhartono.(Harley”S)