Pushidrosal Gelar Giat KOMSOS TNI Dengan Komponen Masyarakat Di Pademangan Jakarta Utara

Portdelta.co.id,Jakarta – Komunikasi sosial merupakan metode dalam melaksanakan kegiatan pemberdayaan wilayah pertahanan negara sesuai berdasarkan UU RI Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI, pada pasal 7 (2) huruf b angka 8 yaitu TNI bertugas memberdayakan wilayah pertahahan dan kekuatan pendukungnya secara dini sesuai dengan Sistem Pertahanan Semesta (Sishanta).Kamis,03-9-2020.

Pushidrosal sebagai Satuan Non kewilayahan merupakan bagian dari TNI sebagai komponen utama pertahanan negara, yang tergelar di seluruh wilayah nusantara menyelenggarakan fungsi teritorial TNI antara lain kegiatan pembinaan Komunikasi Sosial TNI dalam rangka membina, mengelola dan menyiapkan ruang, alat dan kondisi (RAK) juang yang tangguh untuk dapat didayagunakan guna kepentingan pertahanan negara dan kesejahteraan masyarakat melalui komunikasi sosial.

Menyikapi Perkembangan situasi nasional terkait wabah virus corona (Covid-19) yang terus meningkat di seluruh wilayah Indonesia, mendorong Pushidrosal untuk ikut berperan aktif dalam mengantisipasi pandemi Covid-19 pada fase New Normal melalui komunikasi sosial kepada masyarakat khususnya masyarakat RW 11 Pademangan Jakarta Utara.

Kegiatan ini mengusung tema “MELALUI KOMSOS TNI KITA TINGKATKAN SEMANGAT PERSATUAN DAN KESATUAN BANGSA GUNA MEMPERTAHANKAN KEDAULATAN NKRI”.

Tujuan dari Kegiatan ini, untuk meningkatkan ketahanan wilayah dengan semangat persatuan dan kesatuan serta mendukung program Pemerintah, dalam rangka penanggulangan bencana nasional non alam penyebaran pandemi Covid-19 di wilayah Kota Jakarta Utara Provinsi DKI Jakarta.

Semrntara Sasaran Kegiatan, yaitu terwujudnya komunikasi yang baik antara TNI dengan aparat pemerintah dan komponen bangsa dan tercapainya pemahaman komponen bangsa tentang tugas pokok TNI, sehingga masyarakat dapat mendukung tugas pokok TNI.

Diharapkan, masyarakat yang berjumlah 200 orang dapat memahami tentang bela negara dan meminimalisir serta tercapainya pemahaman masyarakat di RW 11 Pademangan Jakarta Utara terhadap bahaya Covid-19. Yang dilaksanakan pada Hari Kamis, 03 Septermber 2020 di RW 11 Pademangan Jakarta Utara Provinsi DKI Jakarta.

Sambutan Kapushidrosal yang dhi diwakilkan oleh Dirpotmar Pushidrosal Kolonel Laut (P) Suhendro, S.AP., M.Si. (Han)
b. Sambutan Ketua RW 11 Pademangan Jakarta Utara, Bapak H. Andi Maniar Pane.
c. Paparan/ceramah tentang tugas dan fungsi Pushidrosal serta bela negara oleh Letkol Laut (KH) DR. Kukuh Suryo Widodo dan tentang kesehatan, mencegah penyeberan pandemi covid-19 oleh Lettu Laut (K) dr. Erdiansyah Reza.
d. Pembagian masing-masing 2 bh Masker dan 1 bh Hand Sanitizer bagi seluruh peserta yang hadir.

Komunikasi Sosial TNI TA 2020 ini, diikuti oleh 200 orang peserta yang terdiri dari warga RW 11, Pengurus RW dan RT, Karang Taruna, FKPPI dan ibu-ibu PKK, sehingga dapat bermanfaat dan dapat dijadikan pembelajaran bagi masyarakat sekitar tentang pentingnya pemahaman bela negara dan tentang baaimana pencegahan penyebaran pandemi Covid_19 bagi kita semua, dan oleh karena itu kegiatan Komunikasi Sosial TNI ini juga merupakan kegiatan peduli lingkungan dalam rangka penanggulangan bencana non alam Covid-19.

Dilain itu, salah satu kegiatan Komunikasi Sosial TNI TA 2020 yang keadaan daerah sasarannya di Kelurahan Pademangan termasuk di daerah Jakarta Utara yang cukup padat masyarakatnya, yang membutuhkan perhatian kepada lingkungan masyarakat sekitar terkait penanganan pencegahan penyebaran pandemi Covid-19 ini, sehingga membuat lingkungan RW 11 Pademangan ini lebih terjaga dan dapat mengantisipasi penyebaran pandemi Covid-19.

Kegiatan ini, diharapkan akan dapat meningkatkan kualitas kesadaran masyarakat sekitar betapa pentingnya protocol Covid-19 dengan melaksanakan cuci tangan pakai sabun, pemakaian masker dan jaga jarak hindari keramaian serta tidak keluar rumah kecuali dalam kondisi yang sangat penting.

Dilain itu, pelaksanaan kegiatan Komunikasi Sosial TNI 2020 di RW 11 Pademangan Jakarta Utara dalam rangka penanggulangan pencegahan penyebaran Covid-19 berjalan lancar, dan pemahaman kesadaran bela negara telah terjalin komunikasi yang baik dan peran aktif semua untuk membangun suatu kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan, serta membiasakan hidup bersih sesuai protokol kesehatan.(Harley’S).