Kemenhub Kapal Layar Motor Sebagai Daya Tarik Kapal Wisata Tradisional

Jakarta – Deltahotnews.com – Dukungan Kemenhub melalui Ditjen Perhubungan Laut dalam peningkatan perekonomian di daerah yang berbasis pada wisata bahari, diwujudkan dengan melalui keterlibatan masyarakat dalam pemanfaatan akar budaya Kapal Layar Motor (KLM) tradisional sebagai daya tarik kapal wisata tradisional (traditional cruise).

Menurut Direktur Perkapalan dan Kepelautan, Capt. Sudiono, regulasi yang bisa digunakan dalam pengoperasian KLM pengangkut wisatawan ialah Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Laut Nomor HK. 103/2/8/DJPL-17 tentang Petunjuk Kapal Tradisional Pengangkut Penumpang. Aturan tersebut diperkuat dengan terbitnya Surat Edaran tentang Kapal Layar Motor (KLM) Pengangkut Wisatawan pada tanggal 14 Februari 2019 kemarin.”paparnya.

Selain itu, dalam surat edaran tersebut disebutkan bahwa ketentuan pengawakan KLM pengangkut wisatawan, yang berlayar ke laut harus diawaki oleh awak kapal yang memiliki minimal ijazah perwira sesuai dengan ukuran kapal.”imbuhnya. Penyempuranaan terhadap regulasi dan kebijakan, sesuai dengan perkembangan di bidang kepariwisataan terus dilakukan, salah satunya dengan menyusun Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Laut tentang Petunjuk Kapal Layar Motor (KLM) Pengangkut Wisatawan, yang saat ini sedang dalam proses penyusunan.”pungkasnya.
((Harley Sarpinas))

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here