Kemenhub Evaluasi Angkutan Laut Perintis

Portdelta.co.id,Jakarta – Dalam rangka koordinasi dan evaluasi berbagai isu strategis di bidang Angkutan Laut Perintis, Ditjen Perhubungan Laut melalui Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Laut gelar Rakornas Angkutan Laut dan Rede Tahun 2020.

Lewat acara yang dilaksanakan 3 hari mulai tanggal 7 sampai 9 Oktober ini, Dirjen Perhubungan Laut, R. Agus H. Purnomo, berharap agar ke depannya pelayaran angkutan perintis mampu menghubungkan daerah terluar perbatasan yang belum berkembang dengan daerah yang sudah berkembang, mampu menghubungkan daerah yang moda transportasi lainnya belum memadai, dan mampu menghubungkan daerah yang secara komersial belum menguntungkan untuk dilayani oleh pelaksana kegiatan angkutan laut, angkutan sungai dan danau, atau angkutan penyeberangan.”ujarnya.

Sementara Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut, Dr. Capt. Antoni Arif Priadi, Msc. selaku Ketua Panitia Pelaksana menjelaskan bahwa masih terdapat masalah dalam pelaksanaan pelayanan angkutan laut perintis.

Di antaranya, adalah mekanisme penggunaan BBM subsidi yang tidak seragam di setiap daerah, kuota BBM yang terbatas, belum terwujudnya Jadwal Pelayaran terpadu antara trayek pelayaran perintis dengan kapal PELNI dan kapal Lintas Penyeberangan ASDP, Kapal perintis negara yang kerap rusak karena menejemen perawatan yang kurang, hingga Pelabuhan singgah kapal perintis yang kurang memadai.”ungkapnya.

Karenanya, lanjut Antoni, tujuan rakornas kali ini adalah membahas optimalisasi pelayanan jasa dan efektifitas jaringan trayek perintis, memberikan solusi atas permasalahan dalam pengoperasian kapal perintis, serta mendapatkan masukan dari berbagai pihak terkait dalam meningkatkan pelayanan angkutan laut perintis bagi masyarakat.”pungkas Antoni.(Harley’S)