Forwami Gelar Orientasi Peningkatan Kompetensi Jurnalis Dan Raker

Portdelta.co.iid,Jakarta – Forum Wartawan Maritim Indonesia (Forwami) menggelar kegiatan rapat kerja dan orientasi peningkatan kompetensi jurnalis. Kegiatan berlangsung pada Selasa (26/11) dan Rabu (27/11), di Gedung Pendidikan Maritim dan Logistik Indonesia (PMLI), Bogor, Jawa Barat.

Ketua Panitia Saiful Anam menjelaskan kegiatan rapat kerja bertema “Peningkatan Sumber Daya Manusia di Era Digital dan Industri 4.0” tersebut merupakan agenda rutin organisasi.

“Kami mempersiapkan acara ini selama hampir enam bulan mulai dari pembentukan panitia hingga pelaksanaan acara,” ujar Saiful.

Dalam laporannya, Saiful mengatakan peserta kegiatan orientasi peningkatan kompetensi jurnalis tersebut diikuti 31 orang anggota Forwami serta SDM Humas dari 17 Anak Perusahaan dan Cabang Pelindo II/IPC.

Ketua Forwami, Damas Jati, berharap kegiatan tersebut memberikan tambahan wawasan baru bagi para wartawan anggota Forwami.

“Sebagai wartawan yang biasa meliput sektor kemaritiman, kita banyak berhubungan dengan nara sumber termasuk korporasi, stakeholders maupun asosiasi,” katanya.

Kemitraan

Kegiatan orientasi yang menghadirkan sejumlah narasumber tersebut dibuka Fajar Setiono, Deputy Vice President (DVP) Corporate Communication yang mewakili manajemen PT.Pelindo II/IPC.

Dalam sambutannya, Fajar mengatakan kemitraan yang telah terjalin antara manajemen Pelindo II dan para wartawan selama ini bisa terus ditingkatkan.

“Agar konten berita mengenai pelabuhan bisa berimbang dan dilalui standar prosesnya termasuk mengkonfirmasikan langsung ke kami jika ada hal-hal yang berkaitan dengan korporasi dan anak usaha IPC,” ungkapnya.

Sementara itu, Sabri Saiman selaku pembina Forwami mengingatkan perlunya sinkronisasi antar kementerian dan lembaga supaya industri maritim RI berkembang.

“Tugas pers/media bagaimana menginformasikan dan mengawal bidang kemaritiman itu agar bisa berkembang,” ujar Sabri

Adapun sejumlah narasumber kegiatan tersebut adalah anggota Komisi Informasi Pusat RI, Roman Lendong, Kepala Biro Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) RI, Ferdinandus Setu yang menyampaikan makalah bertema ‘Media dan Fenomena Hoax di Indonesia’.

Selain itu, Wens Manggut dari Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) bertema Pengembangan Media Digital di Era Industri 4.0. Sedangkan Ketua Kompetensi Wartawan Persatuan Wartawan Indonesia (KKW PWI) Pusat, H Kamsul Hasan menyampaikan materi tentang perkembangan media digital serta tantangan yang dihadapi  UU Pokok Pers No 40/1999.(Harley Sarpinas).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here